Mudahnya Mengerti Network pada Komputer

Home / Teknologi / Mudahnya Mengerti Network pada Komputer

http://www.smithfieldweddings.net – Model jaringan komputer harus digunakan saat menghubungkan peralatan atau komputer dalam membangun jaringan. Model jaringan komputer ini adalah 2, yaitu model jaringan Client Server dan Peer to Peer. Sampai disini kita akan mengerti perbedaan antara keduanya.

1. Server Klien

Apakah ada yang pernah ke WARNET? Hehe … pasti dengan berbagai keperluan, mencari bahan, buka media sosial saja, dan lain-lain. Apakah Anda memperhatikan bagaimana model kafe jaringan itu? Bila ingin berselancar di dunia maya, Anda harus login terlebih dahulu, atau hanya memasukkan nama dan terkadang komputer tidak bisa digunakan sebelum kita menghubungi operator untuk membuka kunci desktopnya. Ini disebut Client Server. Ada komputer yang bertindak sebagai klien dan ada komputer yang bertindak sebagai server. Komputer dijaga oleh operator warnet yang bertindak sebagai server. Komputer server menyediakan layanan yang dibutuhkan klien. Komputer klien ini meminta layanan ke server.

Server menyediakan berbagai sumber daya yang dibutuhkan oleh klien seperti memori, aplikasi, data, sistem operasi atau data – data dalam bentuk dokumen, gambar, film dan lain-lain. Server inilah yang menyediakan layanan dan berhak memberikan akses ke komputer klien yang terhubung ke jaringan dan berhak membatasi sumber daya ke komputer klien. Saya menggambarkan seperti di sekolah atau perguruan tinggi ada kepala sekolah atau direktur yang mengatur semua kebijakan yang ada seperti memberikan fasilitas bagi siswa untuk belajar, dan berhak untuk membatasi fasilitas bagi siswa. Dan disinilah siswa bertindak sebagai klien sebagai service request ke sekolah untuk menyediakan fasilitas yang ada di dalamnya dan menikmati fasilitas yang disediakan.

Juga jangan salah paham bahwa semua sumber daya ada di server dan klien tidak memiliki sumber daya apapun. Klien juga memiliki sumber daya seperti aplikasi, gambar, musik dan lainnya namun klien yang dimaksud meminta sumber daya dari server adalah layanan yang klien tidak dapat menjalankan tindakan tanpa izin server atau klien memang memerlukan sumber daya lain yang terdapat pada server. Sebagai contoh seperti sebelumnya ada sistem login di warnet, dimana sistem kontrol seperti monitoring, membatasi akses internet misalnya, menghapus resource pada client dan yang lainnya hanya bisa dilakukan oleh server.

2. Peer to Peer

Peer to Peer model jaringan berbeda dengan Client Server. Perbedaannya sangat mencolok pada hak akses atau otoritas. Pada model ini tidak ada istilah client atupun server karena setiap komputer bisa bertindak sebagai client atau server. Dapat memberikan layanan atau bisa meminta layanan. Tidak ada istilah atasan dan bawahan, tidak ada raja dan orang, semua sama. Inilah perbedaan antara client server dan peer to peer network model. Model Client Server bisa dikatakan sebagai model terpusat karena ada satu komputer server yang memiliki posisi lebih tinggi dari pada client. Sedangkan Peer to Peer Model adalah model yang tidak fokus (terdesentralisasi) yang mengatur kewenangannya sendiri, oleh karena itu setiap komputer memiliki kewenangannya sendiri tanpa otorisasi, pembatasan akses, penghapusan sumber daya dan lainnya dari komputer lain.

Semoga graff di atas bisa sangat membantu dan mudah dimengerti.